Dicoba dulu tips berikut ini

Thursday, March 26, 2009

Tips Memilih Harddisk

Tips Memilih Harddisk

Jika Anda ingin menginstal system operasi baru dan sebuah harddisk, maka berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih harddisk yang tepat dan sesuai untuk komputer Anda.

Kapasitas : berapa lama Anda telah memiliki harddisk, dan berapa banyak space yang telah digunakan? Jika harddisk memiliki kecepatan mekanik 7,200RPM, maka kapasitas harddisk yang sesuai sebesar 500GB hingga 1TB. Jika Anda memiliki SSD (solid state drive), Anda mungkin hanya mendapatkan space lebih untuk system operasi dan beberapa file atau program penting saja.

Internal dan eksternal : harddisk internal pada umumnya lebih murah dan performance lebih cepat, sedangkan harddisk eksternal dapat dipindahkan ke mana saja, dan pada umumnya terkoneksi dengan USB.

Konektor : Anda dapat melihat ke dalam CPU untuk menemukan tipe konektor yang dibutuhkan. Kabel SATA lebih halus dan berukuran lebar setengah inch. Kabel ATA atau IDE mirip seperti ribbon dan berukuran lebar 2 inch. Jika Anda memiliki kedua kabel, maka Anda bisa memilih harddisk SATA.

Kecepatan : pada umumnya hampir semua harddisk berkecepatan 7,200RPM, sedangkan untuk 10,000RPM biasanya harganya mahal, space lebih sedikit dan lebih berisik karena terlalu cepat ketika bekerja. Sementara SSD jauh lebih mahal, tidak berisik, tidak mudah panas, dan lebih cepat dibandingkan kecepatan harddisk 10,000RPM. Namun, SSD juga dapat menyebabkan system hang atau merusak kompatibilitas kepingan disk.

No comments:

Post a Comment

Recent Post

Top Artikel

Widget by ateonsoft.com

Top Komentator

Widget by ateonsoft.com