Dicoba dulu tips berikut ini

Thursday, March 26, 2009

Tips cara mendapatkan backlink dan cara mengetahui jumlah backlink

Saya mau ngeshare tips-tips untuk mendapatkan backlink.
Mulai dari yang gratis 100% sampai yang wajib bayar:

1. Memberi Komentar di Postingan ataupun di Buku Tamu(Guest Book) atau dikenal juga dengan nama ShoutBox/ChatBox. Hanya dengan memberi komentar pada suatu artikel di blog atau di chatbox, kita telah mendapatkan backlink. Tapi ini berlaku untuk blog yang menganut paham DoFollow 'U Comment, I Follow'

2. Menjadi Top Komentator. Sudah jelas bukan? Kalau menjadi top komentator, otomatis nick/ id kita terpampang disana dan otomatis pula kita dapat backlink. Hadiah backlink tersebut sebagai ucapan terima kasih karena telah rajin berkomentar. Tapi tidak semua blog memasang widget top komentator, jadi gunakan cara ini kepada blog yang memakai widget tersebut (salah satunya ya blog saya ini ... hehehehe)

3. Menjadi Follower. Yang saya tahu widget ini baru ada di blogspot, nggak tahu kalo di wordpress, dll. Dengan menjadi follower, otomatis kita mendapatkan backlink. Apalagi backlink ini disertai photo, jadi pasang saja photo yang paling narsis. Biar tangan yang lihat photo kawand-kawand sekalian gatel bakal nge-klik.
Tapi sayang banget, backlink jenis ini nggak nge-link ke blog tujuan. Tapi, ke profil si pemilik blog. Gpp sih buat naikin Alexa meski satu poin.

4. Beri Penghargaan (Award). Biasanya juga sekalian ngasih PR yang wajib dikerjain. Kalau orang yang kita tuju mau ngerjain, mayan kan dapat koleksi backlink lagi.

5. Tukeran Link. Yang satu ini, meski manual tapi paling manjur untuk urusan ngelink-ngelink.
Tukeran link yang saya maksud disini termasuk juga tukeran banner, logo blog, dll. Ada yang mau tukeran link/banner sama saya? tinggal comment di post ini atau di chatbox homepage.

6. Beli/Bayar untuk mendapatkan link. Cara ini merupakan cara akhir bila cara-cara diatas kurang mumpuni. Terutama poin ke 5, bila pemilik blog enggan tukeran link/banner.
Cara ini pula yang dilakukan perusahaan-perusahaan dan orang berduit untuk mendapatkan link menuju blognya. Baik dengan beli/bayar dengan pasang link teks atau pun pasang banner.

7. Review. Cara ini nggak perlu saya jelaskan karena intinya sama dengan poin 6. Dimana kita mesti membayar sejumlah uang kepada suatu blog untuk me-review blog kita. Pemilik blog mesti membuat satu posting penuh yang (hanya) berisi tentang blog yang di review. Kalau beli/ pasang banner memiliki masa kadaluwarsa misalnya Rp 50.000 per bulan, dsb. Tapi review berupa postingan yang sifatnya permanen. Cara ini tentunya akan jauh lebih mahal dari pada sekedar beli link/pasang banner. Itulah kenapa para blogger lebih melirik paid review dari pada bisnis online lainya. Website yang menawarkan program review yang saya tau adalah ReviewMu.


Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog

Sepengetahuan saya ada 3 cara (kalau ada yang tau lagi bioleh ditambahkan di sini)

1. Browse www.google.co.id (atau www.google.com) lalu ketikkan keyword berikut : link:www.blogmu.com (tentu saja kata 'blogmu' diganti menjadi url blog kalian , misalkan blog saya berarti keyword nya adalah : www.batikid.blogspot.com )

2. Browse www.backlinkwatch.com lalu masukkan alamat blog anda.

3. Browse www.laju.net lalu masukkan alamat blog anda.

So, sekarang udah pada tau kan berapa jumlah backlink yang masuk ke blog anda.. Kalau mau, ayo kita share disini jumlah backlink blog kalian

10 comments:

  1. Punya gw:
    Your website has not backlinks to report. -- Go on .. and build backlinks first ;)


    Copyright 2007

    :D

    ReplyDelete
  2. hahaha
    itu berarti blm punya backlink bro
    blog baru ya?
    met join ya

    ReplyDelete
  3. wah.. nice info... mau komen2 ah.. biar msk top comment hehehe

    ReplyDelete
  4. sib2 uda masuk top comment tuh
    nice one

    ReplyDelete
  5. ok sip atas infonya. lumayan lah buat newbie

    ReplyDelete
  6. Good info, Thanks for share.
    if you wanna find opportunity to make money.
    Go visit my blog

    ReplyDelete
  7. @pixelman : sering2 mampir lg ya
    @get paid to : uda ku visit tuh blog mu. sering2 mampir aja ya sob

    ReplyDelete
  8. @pulsa murah : thx for your visit n comment

    ReplyDelete
  9. Tukeran banner aja yah, hehheee...

    maap, masih gaptek dengan yg ginian.. :)
    jangan lupa kunjungi
    http://warna-warnikisahputihabu-abuku.blogspot.com
    hehe :D

    ReplyDelete

Recent Post

Top Artikel

Widget by ateonsoft.com

Top Komentator

Widget by ateonsoft.com